Wednesday 20 July 2011

Mempelajari ARM Cortex M3 dengan development board LPCXpresso

LPCXpresso LPC1769 (kanan) disandingkan dengan modul LPC2294 dari Olimex (kiri)

Salah satu cara cepat belajar ARM Cortex M3 adalah dengan menggunakan board LPCXpresso. Board ini adalah hasil kerjasama antara NXP sebagai produsen mikroprosesor ARM, CodeRed sebagai produsen compiler dan Embedded Artist sebagai produsen development board.

Keunggulan produk ini yang saya rasakan:
  • Dapat langsung digunakan
  • Tersedia pin-pin untuk menyambungkan ke periferal yang kita inginkan
  • Jika ingin menggunakan development board yang lebih besar dan lengkap, dapat membeli base board dari Embedded Artist
  • Sudah ada JTAG
  • Compiler gratisan dari CodeRed dapat membuat aplikasi sampai ukuran 128k. Ini lebih besar daripada hasil software gratisan dari Keil / IAR
  • Sudah ada porting FreeRTOS untuk LPCXPresso. Ini sangat memudahkan untuk mencoba RTOS (Real Time Operating System)
  • Tersedia modul LPCXpresso untuk kelas Cortex M0 dan Cortex M3
  • Sudah ada chip ethernet, tinggal ditambah konektor ethernet.
  • Harganya lumayan murah , €20

5 comments:

  1. assalamualaikum pak,.
    saya ingin sekali belajar tentang arm ini..saya masih buta tentang arm..saya mengerti cuma mikro jenis atmega..
    darimana saya mulai mempelajarinya pak...apakah bapak menjual modul arm jenis ini? kalo iya saya pengen beli..sekalian diajarin cara memprogramnya..terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salam

      Saya tidak menjual modul ARM.
      Kalau mau membeli prosesor ARM di Indonesia bisa dibaca di sini: http://sistem-elektronika.blogspot.com/2011/11/arm-cortex-m0-di-indonesia.html , atau juga di sini: http://centralelectro.com/catalog.php?cat=42

      Delete
  2. Saya ingin bertanya, pak.
    Saya masih baru dengan arm.... dan saya tertarik dengan development board LPCXpresso. Yang menjadi pertanyaan saya dimana bisa saya dapatkan JTAG downloader kabelnya, dan koneksinya apakah harus melalui port paralel? karena komputer PC sekarang sudah tidak mendukung port paralel lagi.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  3. Untuk Beli ARM Cortex-M3 di kota Bandung di mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dicari di Jaya Plaza. Berikut ini toko online yang juga ada cabang di Jaya Plaza Bandung:

      http://digiwarestore.com/en/search?controller=search&search_query=cortex

      http://centralelectro.com/search.php?search=cortex

      Delete